Sabtu, 17 September 2011

Level Activity

Aktivitas
Dalam sistem biaya activity-based costing(ABC), aktivitas adalah yang berhubungan dengan kegiatan merancang dan memproduksi suatu produk. secara umum aktivitas dibagi menjadi empat tingkatan.

4 Tingkatan Aktivitas :
1. Tingkat Unit (unit level activity)
Aktivitas yang besar kecilnya dipengaruhi langsung oleh unit produksi. Misalnya aktivitas yang terkait dengan buruh langsung dan aktivitas penggunaan mesin.
2. Tingkat Partai (batch level activity)
Aktivitas yang besar kecilnya dipengaruhi oleh banyaknya partai(batch) yang didalam satu periode. Misalnya biaya penyetelan mesin, biaya ini tidak tergantung pada banyaknya produk yang dibuat tetapi tergantung kepada berapa kali penyetelan yang dilakukan. Biaya penyetelan yang berlaku untuk sekelompok produk disebut partai(Batch)
3.Aktivitas mempertahankan produk(sustain level activity)
Aktivitas yang berfungsi untuk mendukung dan mempertahankan suatu produk secara individual. Misalnya biaya iklan, biaya rekayasa produk, biaya re-desain produk.
4. Aktivitas mempertahankan fasilitas(facility level activity)
Aktivitas yabg berkaitan dengan pengadaan fasilitas yang dibutuhkan oleh kegiatan perusahaan secara menyeluruh. Misalnya biaya pemeliharaan, biaya pajak, biaya asuransi, dimana biaya-biaya ini dimanfaatkan secara menyeluruh. untuk mempertahankan keberadaan fasilitas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar