Kamis, 15 September 2011

Visual modelling using UML

Ada beberapa diagram yang disediakan dalam UML, antara lain :
·         Diagram use case (use case diagram)
·         Diagram aktivitas (activity diagram)
·         Diagram sekunsial (sequence diagram)
·         Diagram kolaborasi (collaboration diagram)
·         Diagram kelas(class diagram)
·         Diagram statechart(statechart diagram)
·         Diagram komponen(component diagram)
·         Diagram deployment(deployment diagram)

DIAGRAM USE CASE
Diagram use case menyajikan interaksi antara use case dan aktor. Dimana aktor dapat berupa orang, peralatan, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dibangun. Use case menggambarkan fungsionalitas sistem atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi sistem dari pandangan yang dipakai.
 DIAGRAM AKTIVITAS
          Diagram aktivitas menggambarkan aliran fungsionalitas sistem. Pada tahap pemodelan bisnis, diagram aktivitas dapat digunakan untuk menunjukan aliran  kerja bisnis. Dapat juga digunakan untuk menggambarkan kejadian dalam use case.
DIAGRAM SEKUNSIAL
                Diagram sekunsial digunakan untuk  menunjukkan aliran fungsionalitas dalam use case. Misalkan dalam use case”menarik uang” mempunyai beberapa kemungkinan seperti penarikan uang secara normal, percobaan uang tanpa kecukupan ketersediaan dana, penarikan dengan penggunaan PIN yang salah atau sebagainya.
DIAGRAM KOLABORASI
                Diagram kolaborasi menunjukan informasi yang sama persis dengan diagram sekensial
DIAGRAM KELAS
                Menunjukan interaksi antar kelas dalam sistem. Sebagai contoh, nomor account milik arvin adalah sebuah obyek dari kelas account. Kelas mengandung informasi dan tingkah laku yang berkaitan dengan informasi tersebut.
DIAGRAM STATECHART
                Menyediakan sebuah cara memodelkan bermacam-macam keadaan yang mungkin dialami  oleh sebuah obyek. Jika dalam diagram kelas menunjukan gambaran statis kelas-kelas dan relasinya, diagram statechart digunakan untuk memodelakan tingkah laku dinamik sistem.
DIAGRAM KOMPENEN
                Menunjukan model secara fisik komponen perangkat lunak pada sistem dan hubungannya antar mereka. Ada dua tipe komponen dalam diagaram yaitu komponen excutble dan kode pustaka.
DIAGRAM DEPLOYMENT
                Menampilkan rancangan secara fisik jaringan dimana berbagai komponen akan terdapat disana. Pada sistem ATM, terdapat banyak subsistem yang dijalankan pada peralatan fisik yang terpisah atau sering disebut node



         
          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar